Pemasangan Atap Bitumen Onduline Pola Susun Bata

Tanggal :25/11/2023 00.00.00 Penulis : PT Berdikari Tunggal Perkasa

Salah satu pilihan populer dalam bahan atap adalah menggunakan atap bitumen onduline. Pemilihan atap ini seringkali dibarengi dengan keputusan strategis mengenai pola pemasangannya. Pola susun bata atau zigzag merupakan pilihan yang bijaksana dan memiliki sejumlah alasan yang mendasarinya.


1. Kekuatan Struktural

Pola susun bata pada pemasangan atap bitumen onduline memiliki keuntungan utama dalam hal kekuatan struktural. Pemasangan dengan pola ini menciptakan saling kait yang kuat antara lembaran bitumen, memberikan stabilitas ekstra pada atap. Dengan cara ini, atap mampu menahan tekanan angin yang tinggi tanpa risiko terlepas atau merusak struktur bahan.


2. Pencegahan Tumpukan Berlebih

Pemasangan atap bitumen onduline dengan pola zigzag dapat mencegah tumpukan berlebih pada satu sudut tertentu. Ketika atap dipasang dengan pola ini, setiap lembaran saling terkait dengan cara yang meminimalkan penumpukan materi di satu titik. Hal ini sangat penting karena penumpukan berlebih dapat mengakibatkan pembentukan celah yang rentan terhadap kebocoran saat hujan dan angin kencang.


3. Ketahanan Terhadap Cuaca Ekstrem

Pola susun bata memberikan ketahanan ekstra terhadap cuaca ekstrem. Atap bitumen onduline yang dipasang dengan pola zigzag lebih mampu bertahan terhadap tekanan angin dan hujan deras. Pola ini menciptakan sistem interlocking yang efektif, mengurangi kemungkinan kerusakan akibat beban cuaca yang berat.


4. Kemudahan Pemeliharaan

Pemasangan atap dengan pola zigzag juga memudahkan pemeliharaan. Ketika diperlukan perbaikan atau penggantian sebagian lembaran, pola ini memungkinkan akses yang lebih mudah tanpa merusak struktur keseluruhan. Hal ini dapat mengurangi biaya pemeliharaan jangka panjang dan memperpanjang umur atap secara keseluruhan.


5. Estetika dan Keindahan

Selain fungsionalitasnya, pola zigzag pada pemasangan atap bitumen onduline juga memberikan nilai estetika yang tinggi. Pola ini menciptakan tampilan visual yang menarik dan rapi, meningkatkan nilai estetika keseluruhan bangunan.


Pemilihan pola pemasangan atap bitumen onduline dengan susun bata (zigzag) bukan hanya sekadar keputusan teknis, tetapi juga merupakan strategi yang berbasis pada kecerdasan teknis dan keindahan desain. Dengan memahami alasan di balik penggunaan pola zigzag, kita dapat memastikan bahwa atap bitumen onduline memberikan perlindungan maksimal dan memberikan kontribusi positif terhadap keandalan dan keindahan bangunan.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui